Friday, March 4, 2016

Manfaat Lembaga Ekonomi Dan Budaya serta Contohnya

Manfaat Lembaga Ekonomi Dan Budaya serta Contohnya

Lembaga Ekonomi

 

Apakah itu lembaga ekonomi?  mungkin kita pernah atau sering mendengar menganai lembaga ini, tapi apa manfaat lembaga ekonomi ? mari kita pelajari di bawah ini.

Manfaat Lembaga ekonomi adalah menjadi  lembaga yang memiliki kegiatan di bidang ekonomi demi terpenuhinya kebutuhuan masyarakat, yaitu suatu lembaga yang mengatasi berbagai masalah menganai cara produksi, pendistribusian atau pelayanan suatu jasa yang di perlukan oleh masyarakat supaya kebutuhan masyarakat tersebut dapat terpenuhi.
Contoh lembaga ekonomi :
1.  Lembaga keuangan yaitu suatu badan yang bergerak dibidang keuangan dengan tujuan untuk menyediakan jasa untuk nasabah ataupu masyarakat.

2.  Kementerian Negara BUMN adalah  singkatan dari Badan Usaha Milik Negara, yaitu badan usaha yang sebagian besar modalnya berasal dari negara.

Dan masih banyak lagi contoh lembaga ekonomi yang lainnya seperti misalnya: kementrian keuangan, kementrian perdagangan, kementrian negara koperasi dan UKM, pasar dan lain sebagainya.
Lembaga Budaya
Lembaga budaya merupakan lembaga publik dalam suatu negara yang berfungsi sebagai pengembangan ilmu pengetahuan, budaya, lingkungan, seni, dan pendidikan pada masyarakat pada suatu daerah atau negara.

Contoh lembaga Budaya :
1.  Paguyuban seni dan budaya (Paguyuban  adalah organisasi budaya Sunda yang berdiri sejak tanggal 20 Juli 1913, sehingga menjadi salah satu organisasi tertua yang masih eksis sampai saat ini. Selama keberadaannya, organisasi ini telah bergerak dalam bidang pendidikan, sosial-budaya, politik, ekonomi, kepemudaan, dan pemberdayaan perempuan. Paguyuban ini berupaya untuk melestarikan budaya Sunda dengan melibatkan bukan hanya orang Sunda tapi semua yang mempunyai kepedulian terhadap budaya Sunda). 

2.  Masyarakat ilmiah ( Sekelompok individu yg berada dlm satu kesatuan tertentu yang seluruh aktifitasnya dilakukan berdasarkan ilmu yang dapat dipertanggung jawabkan. Masyarakat seperti itu, dalam Islam disebut sebagai Masyarakat Madinah)

3. Organisasi konservasi lingkungan (adalah upaya pelestarian lingkungan, tetapi tetap memperhatikan, manfaat yang dapat di peroleh pada saat itu dengan tetap mempertahankan keberadaan setiap komponen lingkungan untuk pemanfaatan, masa depan)
4.  Media cetak dan elektronik.

By : Muhammad Taufik Baihaqi

1 komentar:

  1. Thank you for sharing excellent informations. Your web-site is very cool. I’m impressed by the details that you¡¦ve on this web site. It reveals how nicely you understand this subject. Bookmarked this web page, will come back for extra articles. You, my friend, ROCK! I found simply the information I already searched all over the place and simply couldn’t come across. What a perfect web-site.
    PialaQQ
    MemberQQ
    MemberQQ
    HebatQQ
    HartaPoker
    MovieBioskop21

    ReplyDelete

Intip Berita