Thursday, April 13, 2017

Cara dan Persiapan membuat Klipping

Inilah Cara dan Persiapan untuk membuat sebuah Klipping

Cara dan Persiapan membuat Klipping
Foto: google.com

Cara dan Persiapan membuat Klipping tidak beda dengan kita membuat sebuah karya tulis. Cara membuat kliping yang baik adalah harus menggunakan sistematika dan persiapan yang benar sehingga terlihat lebih tersusun dan rapi, nah, apa saja yang harus dipersiapankan untuk membuat sebuah Klipping? lihat dibawah ini:
 

CONTOH KLIPPINGCONTOH MAKALAHRUMUS MATEMATIKA

Setelah menyiapkan judul atau tema untuk Klipping maka langkah selanjutnya adalah.

1. Sampul Kliping

Sampul atau cover merupakan bagian yang tidak boleh tidak ada dalam penyiapan kliping, agar keliping tersebut menarik perhatian pembaca. Buatlah sampul kliping yang menggambarkan isi seluruh keliping sehingga pembaca atau guru Anda tahu, apakah judul dan gambar yang berada di sampul tersebut sesuai isi dari pembahasan atau tidak.
 

2. Kata Pengantar Kliping

Selanjutnya adalah Kata pengantar, meskipun sebenarnya jarang di sisipkan di dalam kliping, namun tidak salahnya lembaran kata pengantar di tambahkan ke kliping Anda. Buatlah kata pengantar yang baik dan benar seperti halnya membuat karya tulis ilmiah seperti makalah salah satunya.
 

3. Daftar Isi Kliping

Kemudian Daftar isi yang merupakan bagian yang sangat penting sekali untuk sebuah kliping, karena dengan adanya daftar isi pembaca tidak akan susah mencari artikel dari beberapa halaman isi. Selain itu membuat kliping Anda terlihat lebih rapi.
 

4. Isi atau Pembahasan Kliping

Yang sangat penting adalah Isi kliping atau pembahasan kliping disarankan agar sesuai dengan judul pada sampul kliping Anda, sehingga isi dengan judul kliping saling berkaitan. Pada isi bubuhkan juga sumber dari artikel yang dibahas dibawah artikel tersebut, contoh sumber: Harian Rakyat, Tanggal 20 Januari 1990. Susunan isi juga harus terurut mulai dari artikel terbaru sampai artikel terlama, atau bisa sebaliknya.
 

5. Kesimpulan dan Saran

Kesimpulan, dan saran juga penting sekali di tambahkan kedalam sebuah kliping, agar pembaca tahu kesimpulan dari pembahasan atau isi dari kliping tersebut.
 

6. Daftar PustakaTerakhir adalah adalah Daftar Pustaka, dan ini juga penting supaya pembaca mengetahui dari mana sumber-sumber yang didapatkan dalam tulisan atau Klipping, baik dari blog atau media internet maupun dari surat kabar atau buku.
CONTOH KLIPPINGCONTOH MAKALAHRUMUS MATEMATIKA


Dengan telah menyusun dan menyiapkan bahan dan kelengkapan di atas, maka untuk membuat sebuah kliping akan lebih mudah dan sesuai dengan judul atau tema, begitu juga dengan persiapan berbagai  gambar atau ornamen untuk menghiasi kliping tersebut. Agar kliping lebih menarik minat bagi pembaca.

sumber ref: sarungpreneur.com

0 komentar:

Post a Comment

Intip Berita