Wednesday, March 16, 2016

Contoh Pidato Anak SD Berbakti Pada Kedua Orang Tua

http://tugas-belajar-anak-sd.blogspot.co.id/

" BERBAKTI PADA KEDUA ORANG TUA "

اَلسَّــــلاَمُ عَــــــلَيْكُمْ وَ رَحْمَةُ اللّـــهِ وَ بَرَكَاتُــــــــــهُ

Bapak kepala Sekolah, Bapak dan ibu guru yang saya cintai, kepada kawan-kawanku semua yang saya banggakan.

Pertama tama marilah sama - sama kita panjatkan Puji dan Syukur Kehadirat Allah SWT, yang mana dengan berkah dan hidayahNya kita telah berada ditempat yang sederhana ini.

Selanjutnya shalawat serta salam semoga selalu terlimpahkan dan tercurahkan kepada nabi  Akhiruzzaman, yakni nabi besar Muhammad SAW, nabi junjungan, nabi idaman, berjuta-juta insan. Meski kita semua tak pernah menjumpainya, meski kita tak pernah , namun semoga kita mendapatkan syafaatnya di akhirat kelak. Amin Ya Rabbal ‘Alamiin,

Bapak Ibu dan Rekan sekalian,

Setiap manusia sudah pasti memiliki orang tua. Tidak satupun manusia yang lahir tanpa orang tua. Kita pun menyadari bahwa orang tua kita mengeluarkan keringat, siang dan malam banting tulang, memeras pikiran, sekuat tenaga memperjuangkan agar anaknya bisa hidup seperti layaknya anak-anak yang lain.
Karena itu, dalam kesempatan ini saya akan menyampaikan betapa pentingnya kita berbakti kepada orang tua.

Bapak Ibu dan Rekan sekalian,

Saat Ibu kita hamil, beliau selalu berada dalam kepayahan karena mengandung kita, sementara bapak bekerja siang dan malam untuk kelahiran kita. Begitu pula saat lahir, mereka pun mencurahkan segala perhatian dan kasih sayang kepada kita. Bahkan sampai sekarang kasih sayangnya tiada terkira. Subhanallah, betapa mulia jasa kedua orangtua kita!

Allah yang Maha Bijaksana telah mewajibkan setiap anak untuk berbakti kepada orang tuanya. Bahkan perintah untuk berbuat baik kepada orang tua dalam Al Qur’an digandengkan dengan perintah untuk bertauhid sebagaimana firman Allah dalam kitab suci Alqur’anul karim: (baca a’udhu dan bismillah dulu)

وَاعْبُدُوا اللَّهَ وَلا تُشْرِكُوا بِهِ شَيْئًا وَبِالْوَالِدَيْنِ إِحْسَانًا

“Dan Tuhanmu telah memerintahkan supaya kamu jangan menyembah selain Dia dan hendaklah kamu berbuat baik pada ibu bapakmu dengan sebaik-baiknya.”

Maka janganlah sekali-kali kita sebagai anaknya mengatakan kepada kedua orangtua kita dengan perkataan yang menyinggung hati mereka dan janganlah kita membentak mereka, walaupun hanya mengatakan “ah” dan ucapkanlah kepada mereka perkataan yang mulia.

Bapak Ibu dan Rekan sekalian,

Islam adalah agama yang mulia yang mengajarkan sopan-santun terhadap orang tua. Ada banyak hal yang dapat kita lakukan sebagai bentuk pengamalan kita berbakti kepada orang tua. Diantaranya adalah:

1.    Menuruti perintah orang tua. Tidak boleh membangkang dan tidak boleh bandel. Kalau kita diperintah untuk shalat, cepat-cepat kita mengerjakan shalat. Kalau kita diperintah untuk belajar, ya cepat-cepat belajar.

2.    Membantu pekerjaan orang tua di rumah. Misalnya : kalau kita melihat lantai rumah belum disapu, lekas saja kita sapu. Apabila bangun tidur, jangan langsung pergi kel luar kamar sebelum membereskan tempat tidur. Kita tidak boleh merepotkan ibu dan bapak kita. Kita harus membantu mereka sebisa kita.

3.    Berkata dengan baik dan sopan. Dan tidak mengucapkan kata yang menyakiti hati kedua orang tua kita.

4.    Belajar yang rajin agar menjadi anak yang pintar. Orang tua kita sangat senang jika melihat kita menjadi anak yang rajin dan pintar. Membuat senang orang tua juga merupakan perbuatan berbakti kepada orang tua.

5.    Ini yang tidak kalah penting : Beribadah yang rajin dan selalu mendoakan kedua orang tua kita setelah selesai sholat:

اَللّهُمَّ اغْفِرْ لِيْ ذنوبي وَ لِوَالِدَيَّ وَارْحَمْهُمَا كَمَا رَبَّيَانِيْ صَغِيْرًا

“Ya  Allah, ampunilah dosaku dan kedua orangtuaku, dan sayangilah mereka sebagaimana mereka telah menyayangiku di kala aku masih kecil”

Bapak Ibu dan Rekan sekalian,

Jadi Wajib bagi kita semua untuk selalu berbakti kepada orang tua kita dan selalu membahagiakan mereka, agar kita semua menjadi anak sholeh dan sholehah.

Putri raja sedang tertawa
Panjang rambutnya sampai ketanah
Mari berbakti kepada orang tua                 
Agar menjadi anak yang sholehah

Hanya ini yang dapat saya sampaikan. Semoga bisa bermanfaat bagi kita semua. Amiin dan apabila terdapat kata – kata yang salah dari ucapan saya mohon maaf yang sebesar-besarnya karena manusia tidak luput dari kesalahan.

Billahitaufiq Walhidayah
Wassalamu'alaikum Wr. Wb

demikian Adik adik contoh Pidato Berbakti Kepada Orang Tua semoga bermanfaat.

0 komentar:

Post a Comment

Intip Berita