Saturday, June 3, 2017

Tugas Belajar Siswa: Ilmu Dasar Fisika dan Pengertiannya

Tugas Belajar Siswa: Ilmu Dasar Fisika dan Pengertiannya

Tugas Belajar Siswa: Ilmu Dasar Fisika dan Pengertiannya : Fisika merupakan ilmu dasar dalam mempelajari perilaku dan struktur dari suatu benda. Sebagai contoh adalah sifat cahaya, analisa pergerakan benda, kekuatan bahan dll. Untuk lebih detilnya lihatlah bagan struktur dibawah ini. (Giancoli 2001)
 
Tugas Belajar Siswa: Ilmu Dasar Fisika dan Pengertiannya

Penjelasan
Ilmu fisika merupakan dasar dalam mempelajari
1. Pergerakan dari suatu benda ; misalnya: kecepatan, arah
2. Fluida ; misalnya : sifat sifat aliran air pada pipa, gaya angkat udara pada airfoil
3. Panas; misalnya : penentuan temperature, perpindahan panas
4. Suara; misalnya;: tingkat resonansi dari gelombang suara,
5. Cahaya; misalnya : sifat cahaya, pemecahan gelombang cahaya
6. Listri; misalnya : Daya, energy pada listrik
7. Modern; misalnya mempelajari lebih detail tentang relativitas, pemodelan atom, zat padat, energy nuklir, partikel, elemen-elemen, astro.
 
Nah..! Ketujuh bagian diatas merupakan bagian kecil dari pemanfaatan fisika dalam kehidupan kita. Tanpa disadari sebenarnya dalam ruang lingkup kita saat ini dipenuhi dengan permasalahan yang dapat diselesaikan dengan ilmu-ilmu fisika. Misalnya saya mengendarai sepeda dari rumah saya ke rumah teman di desa tetangga kira- kira jauhnya 500 meter, kemudian saya berpikir jika saya berjalan dengan saintai bisa sampai disana 20 menit, jika agak cepat bisa 13 menit. 

Jadi, disini secara tidak langsung kita telah melakukan perhitungan fisika. Selain itu banyak hal yang bisa kita analisa dan kita manfaatkan untuk merancang suatu alat dengan ilmu fisika. Salah Besar jika kita berpikir bahwa dalam pembahasan fisika itu hanya teori belaka dan tidak berfungsi dilapangan. Sebenarnya jika kita semua mau berfikir dengan detail. logis ilmu-ilmu dalam fisika sangat bermanfaat buat kita.
 
Untuk mempelajari ilmu fisika kita harus paham terlebih dahulu gambaran tentang Sains, Kreatifitas, Hukum dan Teori. Hal ini dikarenakan fisika merupakan bagian dari kehidupan Sains dan hasil karya Kreatifitas yang didalamnya berisi Hukum dan Teori. Selain itu untuk mempelajari ilmu fisika kita harus mau BERFIKIR LUAS dan BIJAKSANA.
 
Sumber: ajiwaskito1999.blogspot.co.id
Books (Giancoli, Douglas C. 2001. Fisika . Jakarta : Erlangga)

0 komentar:

Post a Comment

Intip Berita