Monday, March 28, 2016

Kemendikbud Siapkan Kisi- Kisi Soal Fisika Ujian Nasional 2016

http://tugas-belajar-anak-sd.blogspot.co.id/

JAKARTA - Pekan depan Ujian Nasional (UN) 2016 akan berlangsung. Olehkarenanya, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) telah menyiapkan kisi-kisi materi fisika yang akan diujikan pada Ujian Nasional 2016.

Melansir dari laman Kemdikbud, Senin (29/3/2016), berikut adalah 6 kisi- kisi untuk soal fisika pada Ujian Nasional nanti:

1. Kalor
Bab-bab kalor terdiri atas kalor, perpindahan kalor, dan teori dan kinetik gas. Oleh sebab itu, pastikan kamu mempelajarinya dengan baik dan perbanyak berlatih soal-soal.

2. Gelombang dan optik
Ada lima poin yang harus dikuasai pada gelombang dan optik, meliputi gelombang, bunyi, cahaya optik, gelombang elektromagnet, dan elastisitas. Pada bagian penalaran siswa juga harus mempelajari mengenai optik fisis.

3. Listrik, magnet dan fisika modern
Bab ini terdiri atas materi-materi yang berhubungan dengan listrik statis, listrik dinamis, kemagnetan, fisika inti, dan efek foto listrik.

4. Pengukuran dan kinematika
Soal-soal terkait pengukuran dan kinematika terdiri atas pengukuran, besaran fisika, vektor, gerak lurus, gerak melingkar, dan gerak parabola. Diharapkan siswa mampu memahami dan mengaplikasikan bab-bab tersebut dengan banyak berlatih soal.

5. Dinamika
Pada bab dinamika, siswa dituntut untuk memahami soal-soal yang menyangkut gaya, hukum Newton, momen gaya, momen inersia, dan fluida. Beberapa hal yang penting lainnya yang harus dipelajari adalah keseimbangan benda tegar dan titik berat.

6. Usaha dan energi
Siswa akan dihadapkan dengan soal-soal terkait usaha, impuls, momentum, dan tumbukan. Adapun yang harus dipelajari dari materi-materi tersebut adalah mengenai pemahaman, aplikasi, dan nalar.

(Sikah/Pojoksatu)

0 komentar:

Post a Comment

Intip Berita