Friday, March 10, 2017

Contoh Makalah tentang Pengabdian dan Jasa Seorang Guru

Contoh Makalah tentang - Pengabdian dan Jasa Seorang Guru kami, kami sajikan untuk siswa-siswi SD dan SMP sebagai tugas belajar di sekolah.


Contoh Makalah tentang Pengabdian dan Jasa Seorang Guru


Cover (Disesuaikan)

Daftar Isi

Kata Pengantar.......... (disesuaikan)
Daftar Isi.................. (disesuaikan)
Bab I Pendahuluan .......... (disesuaikan)
Bab II Pembahasan.......... (disesuaikan)
Bab III Penutup .............. (disesuaikan)
Bab IV Kesimpulan dan Saran ............. (disesuaikan)
A. Kesimpulan .......... (disesuaikan)
B. Saran ................. (disesuaikan)
 
Kata Pengantar

Puji syukur atas kehadirat Allah Yang Maha Kuasa atas segala limpahan Rahmat, Inayah, Hidayah, TaufikNYA sehingga  penyusunan makalah ini dapat diselesaikan dalam bentuk maupun isinya yang sangat sederhana. Adapun tujuan penyiapan Makalah ini adalah sebagai tugas belajar mata pelajaran ............. di Sekolah ............... dan juga semoga dapat menjadi acuan, petunjuk maupun pedoman bagi pembaca sekalian.

Makalah ini berisikan tentang Pengabdian dan Jasa Seorang Guru, kemudian ada beberapa pendapat dari berbagai sumber mengenai peran seorang guru dalam proses pembelajaran. Makalah ini dapat memberikan informasi kepada kita tentang Pengabdian dan Jasa Seorang Guru.

Kami mengakui bahwa telah menyiapkan makalah ini dengan semaksimal mungkin, namun jika ada masih jauh dari kesempurnaan penulis mengharapkan kepada para pembaca untuk memberikan masukan-masukan yang membangun sehingga kedepannya makalah kami bisa menjadi lebih baik lagi.     

Terima kasih kami kepada Ibu dan Bapak guru dan teman-teman kami yang telah memberikan kesempatan, masukan dan saran kepada kami sehingga makalah  tentang Pengabdian dan Jasa Seorang Guru dapat terselesaikan. Semoga Allah SWT senantiasa melindungi dan memberikan hidayahNYA kepada kita semua, sehingga kita senantiasa dalam menuntut dan belajar, Amin ya rabbal a'lamin..

Bab I Pendahuluan
 
Guru dari bahasa Sanskerta, akan tetapi arti GURU secara harfiah adalah "berat". adalah seorang pengajar suatu ilmu. Dalam bahasa Indonesia, guru umumnya merujuk pendidik profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik. 

Pengertian secara umum guru adalah pendidik dan pengajar pada pendidikan anak usia dini jalur sekolah atau pendidikan formal, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah. Guru-guru seperti ini harus mempunyai semacam kualifikasi formal. Dalam definisi yang lebih luas, setiap orang yang mengajarkan suatu hal yang baru dapat juga dianggap seorang guru.

Di Indonesia sendiri guru diartikan sebagai seorang pengajar di sekolah negeri ataupun swasta yang memiliki kemampuan berdasarkan latar belakang pendidikan formal minimal berstatus sarjana, dan telah memiliki ketetapan hukum yang sah sebagai guru berdasarkan undang-undang guru dan dosen yang berlaku di Indonesia. Contoh Makalah tentang Pengabdian dan Jasa Seorang Guru

Bab II Pembahasan
Guru adalah pahlawan tanpa tanda jasa. Karena sebesar apapun jasanya tidak ada tanda jasa yang ia ( guru ) terima. Tidak ada pangkat bintang 1, bintang 2 ataupun bintang-bintang yang lain. Guru adalah yang mengajarkan kita semua menulis dan membaca. Saya bisa menulis artikel saat inipun adalah karena jasa guru yang dengan telaten memberikan cara menulis kepada saya dan juga mengajarkan cara membaca untuk saya. 

Saya masih ingat bagaimana guru datang dengan aktif, datang dengan hanya mengendarai sebuah sepeda pedal ke sekolah. Bahkan tidak jarang, kehujanan di tengah jalan dan saya lihat baju guru basah kuyup. Saya dan teman-teman hanya melihat tanpa perasaan apapun, karena waktu itu kita masih anak-anak. Tidak kenal dan tidak paham betapa susahnya guru waktu itu. Tidak paham bahwa guru kita benar-benar berkorban untuk memberikan kita pengetahuan. Guru adalah soko guru bangsa ini. Tanpa guru apa artinya sebuah bangsa. Sebesar apapun bangsa itu. Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghormati gurunya.

Karena gurulah saya, anda dan kita semua bisa menjadi seperti sekarang. Ada yang menjadi ENTREPENEUR MUDA seperti sekarang. S eorang Entrepeneur, selalu berkutat dengan dunia Ekonomi. Jadi ingatlah jasa guru-guru kita yang sudah mengajarkan kita sampai kita bisa menjadi orang seperti sekarang,
 
Bab III Penutup
Sebagai seorang murid, tentu saja ingat sekali dengan jasa-jasa para guru yang telah mengajarkan ilmu kepadanya. Banyak pelajaran dan berbagai macam hal yang telah diajarkannya, hingga kita dapat mengetahui apa saja yang tidak kita ketahui sebelumnya. Semenjak dari kita masih sekolah di Play Group, TK, SD, SMP/Tsanawiyah, dan SMA/Aliyah, sampai kita berada di Perguruan Tinggi jenjang S1. 
Contoh Makalah tentang Pengabdian dan Jasa Seorang Guru

Kemudian sampai nantinya, kita juga akan melanjutkan ke jenjang S2 dan S3. Coba hitung, sudah berapa banyak guru kita yang telah bergonta-ganti mengajarkan ilmu kepada kita (nggak terhitung banyaknya, bukan?) dan sudah berbagai macam jenis pelajaran yang sudah kita dapatkan dan pelajari? Pastinya sudah banyak sekali!
 
Bab IV Kesimpulan dan Saran  
A. Kesimpulan
Guru adalah  seorang pengajar di sekolah negeri ataupun swasta yang memiliki kemampuan berdasarkan latar belakang pendidikan formal minimal berstatus sarjana, dan telah memiliki ketetapan hukum yang sah sebagai guru berdasarkan undang-undang guru dan dosen yang berlaku di Indonesia.

B. Saran
Semoga Makalah tentang tentang Pengabdian dan Jasa Seorang Guru ini, dapat bermanfaat bagi penulis sendiri dan mudah-mudahan akan bermanfaat juga kepada pembaca sekalian. TeErima kasih yang tek terhingga kepada Bapak dan Ibu guru yang telah membimbing penulis, juga kepada teman-teman kami semua semua.
Contoh Makalah tentang Pengabdian dan Jasa Seorang Guru
Akhirnya hanya kepada Allah jualah kira berserah diri, aminn..
Daftar Pustaka
- wikipedia
- fitrahmartius10.wordpress.com
- generasidambaan
- yulidaaini.blogspot.co.id

Lampiran
- gambar

 
Demikian kiranya adik-adik Contoh Makalah tentang Pengabdian dan Jasa Seorang Guru. Semoga bermanfaat bagi kalian semua. jika sempat untuk di Share kami ucapkan terima kasih.

1 komentar:

Intip Berita