Monday, September 2, 2019

Mengenal Arti Satuan baku dan Tidak Baku, Tugas belajar anak SD dan SMP

Tugas belajar anak SD dan SMP tentang mengenal arti Satuan dalam ilmu pasti (Matematika)

Mengenal Arti Satuan baku dan Tidak Baku, Tugas belajar anak SD dan SMP


Salah satu tugas belajar siswa - siswi Sekolah Dasar (SD) dan SMP adalah mengenal Satuan.  Apa sih yang dimaksud dengan Satuan? Satuan diartikan sebagai sebuah acuan yang hanya digunakan untuk pengukuran atau dalam untuk pengukuran besaran.

Perlu diketahui, bahwa satuan terdiri dari 2 (dua) macam, yaitu:

Satuan Baku:
Adalah satuan yang jika digunakan oleh seseorang atau siapa saja maka akan menghasilkan hasil pengukuran yang sama. Contohnya,  Mengukur sebuah kursi yang memiliki panjang 1 (satu) meter dengan menggunakan alat (meteran). Jadi, orang yang mengukur kursi tersebut akan mendapatkan hasil pengukuran yang sama , yaitu 1 (satu) meter. 

Satuan Tidak Baku: 
Adalah adalah sebaliknya, jika dilakukan oleh orang yang berbeda maka hasil yang didapat akan berbeda, Contohnya, mengukur panjang sebuah kursi dengan menggunakan tangan (jengkal) yaitu  memakai ibu jari dan kelingking, maka tentu dua orang yang mengukur akan berbeda hasilnya karena tangan atau jari yang berbeda. 

Demikian arti singkat tentang Mengenal Arti Satuan baku dan Tidak Baku, Tugas belajar anak SD dan SMP, semoga bermanfaat kepada adik adik semua.



0 komentar:

Post a Comment

Intip Berita